Cara Mengatasi Invalid IMEI Pada Xiaomi Chipset Mediatek

IMEI di dalam smartphone memiliki banyak fungsi penting. Mulai dari mencegah penyelundupan barang ilegal, mengatur barang apa saja yang boleh di gunakan, hingga di gunakan untuk mengidentifikasi perangkat dari di jangkauan jaringan operator seluler. Semua itu di lakukan dengan memanfaatkan fungsi IMEI yang ada pada smartphone.

 

Jika perangkat android tidak memiliki IMEI atau Invalid IMEI, maka dapat di pastikan smartphone tidak akan mendapatkan akses untuk berkomunikasi baik melalui SMS, telepon, atau bahkan akses internet. Dengan kata lain, smartphone yang mengalami Invalid IMEI tidak akan bisa di gunakan atau mati suri.

 

Umumnya, masalah ini di alami oleh para pengguna smartphone Xiaomi yang telah melakukan Flashing atau Flash ulang. Srlain itu, smartphone lainnya yang menggynakan Chipset Mediatek juga sering kali mengalami masalah yang sama. Oleh karena itu, untuk kalian pengguna smartphone Xiaomi yang memiliki masalah Invalid IMEI, berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya.

 

Persiapan :

 

Langkah – langkah :

 

  1. Catat nomor IMEI perangkat smartphone kalian. Biasanya nomor IMEI terdapat di bagian belakang baterai smartphone atau di dus book bawaan smartphone

 

  1. Buka Software SN Writer Tools di PC atau Laptop, kemudian pilih ComPort: USB VCOM, dan Target Type: Smart Phone

 

  1. Pilih System Config kemudian cheklist bagian IMEI. Pada IMEI option, pilih Dual IMEI atau Dual IMEI Same bila smartphone yang kalian gunakan memiliki 2 slot sim card dengan nomor IMEI yang sama

  1. Masukan file ADBD yang terdapat pada Fastboot ROM di bagian Database File, kemudian klik save

 

  1. Klik kolom Start kemudian masukan nomor IMEI yang sebelumnya telah di catat, kemudian pilih OK

  1. Sambungkan perangkat Xiaomi dengan Laptop atau PC yang di gunakan. Pastikan perangkat dalam keadaan mati

 

  1. Tekan Volume bawah sembari menyalakan perangkat Xiaomi

 

  1. Tunggu hingga proses selesai kemudian nyalakan kembali smartphone

 

  1. Cek ke *#06# untuk memastikan nomor IMEI kalian telah kembali valid