Cara Unbrick Lenovo A316i Mati Total

unbrick lenovo a316i

Lenovo a316 Hardbrick | Pada saat ini begitu banyak jenis smartphone yang beredar di pasaran. Salah satu smartphone yang banyak digemari adalah Lenovo A361. Tidak sedikit pengguna smartphone Lenovo A316 yang mengalami masalah brick / mati total. Brick sendiri merupakan suatu masalah yang terjadi di Boot manager android, kondisi ini terlihat begitu mengkhawatirkan karena pada umunya gadget akan mengalami proses mati total sehingga gadget tidak menyala dan tidak bisa masuk ke Recovery Mode android dan Dowlnload Mode Android. Dan salah satu penyebab terjadinya brick adalah dikarenakan terjadinya kesalahan memilih list Scater flash tool pada saat instalasi stock room. Lalu bagaimanakah caranya mengatasi masalah tersebut, berikut ini adalah ulasan mengenai cara unbrick Lenovo A316 yang mungkin bisa membantu sobat solusiponsel menyelesaikan masalah tersebut.

Smartphone anda akan bisa hidup kembali jika terdapat tanda-tanda sebagai berikut :

  • Smartphone masih terdeteksi PC
  • Smartphone masih bergetar pada saat dinyalakan
  • Gagal masuk Recovery (CWM / TWRP)

Kebanyakan penyebab kematian smartphone  dikarenakan pengguna langsung mencabut baterai (restart ulang paksa smartphone). Sudah banyak cara yang dilakukan dan hasilnya pun berhasil dengan sempurna.

Tutorial unbrick Lenovo a316i

Untuk langkah pertama anda mungkin bisa menggunakan SP Flash Tool versi 3, berikut cara menggunakannya:

  1. download bahan dibawah ini:
    firmware lenovo a316i
    Driver MTK
    USB Vcom
    Sp flshtool v.3
  2.  Instal driver MTK dan usb vcom
  3. buka sp-flashtool v.3
     cara unbrick lenovo a316i
  4. Pilihlah file Scater dari dirmware yang didownload tadi
  5. Centanglah preloader saja (jika andaroid anda masih bisa terdeteksi oleh PC / Komputer, maka cukup centang preloader untuk mendownload)
  6. Klik download
  7. Hubungkan USB dari smartphone anda ke PC pada saat smartphone dalam keadaan mati
  8. Tunggu hingga proses selesai dan muncul tanda OK
  9. Keluarlah dari aplikasi Flash Tools
  10. Cabut USB dan baterai smartphone anda
  11. Tunggu sekitar 10 menit dan pasang kembali baterai
  12. Setelah itu kita akan memasuki tahap Flashing, lakukan Extract Stock Rom Original Lenovo A361 yang sebelumnya telah anda download
  13. Buka kembali aplikasi Flash Tools
  14. Carilah file scater dari hasil ekstrak file tadi, tepatnya berada di folder target_bin dengan nama file MT6572_scaetr_ph_globe_A316_US_MPV1_A34_140116
  15. Hilangkan tanda centang pada kolom Preloader
  16. Klik download dan kemudian tunggu hingga proses selesai seperti proses flashing sebelumnya
  17. Proses selesai dan gadget anda sekarang sudah bisa hidup kembali

Demikianlah cara unbrick Lenovo A316 dengan melakukan flash ulang. Langkah yang telah dijelaskan di atas cukup mudah untuk anda coba jika anda mengalami masalah brick / mati total pada smartphone Lenovo A316 anda. Pastikan anda telah mengikuti setiap langkah dengan runtut. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mengatasi masalah brick / mati total pada smartphone anda. Terima kasih.