Tutorial Flash Samsung Galaxy S6 Series

Hampir semua pengguna smartphone android memiliki resiko terkena bootlop pada smartphonenya. Secanggih apapun perangkat yang kalian gunakanan, resiko terkena bootlop baik pada saat pertama kali memakai ataupun saat setelah bertahun – tahun di gunakan akan tetap ada. Bahkan smartphone sekelas Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy S6 edge, dan Samsung Galaxy S6 Edge plus pun dapat mengalami masalah yang sama.

Bootlop sendiri merupakan masalah yang membuat sistem pada smartphonr kalian tidak dapat melakukan reboot dengan benar. Sehingga tampilan layar akan berputar – putar dari layar blank hitam, lalu masuk ke boot screen, lalu kembali lagi ke layar blank hitam. Masalah ini dapat di sebabkan oleh banyak hal mulai dari Flashing yang kurang sempurna, instal Mod, custom Rom, hingga me restore system backup.

 

Untuk menangani masalah bootlop, kalian dapat melakukan Flashing atau flash ulang pada smartphone. Namun, setiap smartphone memiliki cara flashing yang berbeda – beda. Untuk kali ini, kita akan membahas cara flashing untuk perangkat Samsung Galaxy S6 / S6 Edge / S6 Edge Plus.

 

Sebelum melakukan Flashing, pastikan kalian menyiapkan file – file dan tools yang akan di gunakan terlebih dahulu. Diantaranya :

 

Tools :

– Laptop atau PC yang memiliki OS Windows

– Kabel data atau Kabel USB yang cocok dengan perangkat

 

File :

 

Download semua file yang ada di atas, kemudian ekstrak dan install di dalam laptop kalian. Kemudian pilih salah satu dari ketiga firmware yang cocok dengan perangkat Samsung yang kalian gunakan. Jika semua sudah di persiapkan, kalian bisa melanjutkannya ke tahap Flashing.

 

  1. Matikan smartphone, kemudian masuk ke Download Mode dengan cara menekan tombol Power + Volume down + Home secara bersamaan. Kemudian tekan tombol Volume Up saat muncul peringatan

 

  1. Buka software ODIN dalam laptop dengan cara Run as administrator

 

  1. Sambungkan perangkat Samsung S6 dengan Laptop menggunakan kabel data. Jika softamsungware ODIN mendeteksi tersambungnya perangkat kalian, akan muncul tulisan ” Added ” dalam kolom LOG

  1. Pilih kolom AP dalam software ODIN, kemudian masukan file firmware yang sebelumnya telah di unduh

 

  1. Klik ” Start ” jika kalian ingin memulai Flashing, kemudian tunggu hingga prosesnya selesai