Tutorial Flashing Android Chipset Qualcomm

 

Qualcomm Flash Image Loader merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu kalian dalam melakukan flashing. ┬áBerbeda dengan ODIN, QFIL di buat khusus hanya untuk smartphone yang telah di lengkapi dengan chipset Qualcomm. Aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk mengatasi masalah – masalah umum pada smartphone seperti Bootlop, Self Restart, Brick Mode 9008, dan juga Deadboot.

Terdapat beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan QFIL di bandingkan alat Flashing lainnya. Diantaranya :

 

  1. Aplikasi Ringan

 

QFIL tidak memerlukan kapastitas yang besar untuk menggunakanya. Ukuran aplikasi ini saja tidak lebih dari 50 Mb dan dapat di gunakanan hanya dengan di ekstrak.

 

  1. Simple

 

QFIL memiliki tampilan yang lebih sederhana dan user friendly. Sehingga dapat mempermudah untuk para pemula yamg ingin melakukan Flashing Rom dan Firmware.

 

  1. Log Box

 

Salah satu keunggulan QFIL lainnya adalah terdapat Log box yang dapat menampilkan proses Flashing dan memberi tahu letak kerusakan atau masalah dalam Software

 

Meskipun tidak semua masalah lada smartphone dapat di atasi dengan melakukan Flashing, namun Flashing di anggap menjadi jalan keluar untuk hampir semua masalah yang ada pada smartphone android. Oleh karena itu, sebelum melakukam flashing menggunakan QFIL, ada baiknya jika kalian memeriksa seluruh kondisi hardware apakah ada yang rusak atau tidak. Bisa jadi masalah yang kalian alami bukan berpusat pada software, melainkan pada hardware seperti terdapat kabel yang putus atau konektor yang terbakar.

 

Nah, untuk kalian yang ingin melakukam Flashing smartphone android menggunakan QFIL, berikut ini adalah lankah – langkah yang harus kalian ikuti.

 

Persiapan :

  • PC atau Laptop yang memiliki OS Windows
  • Kabel data atau Kabel USB yang cocok dengan Smartphone yang di gunakan
  • Download Software QFIL versi terbaru kemudian ekstrak
  • Download Qualcomm Driver disini, kemudian ekstrak
  • Download ROM / Firmware yang sama dengan perangkat yang kalian gunakan

Langkah – langkah :

 

  1. Buka software QFIL dalam laptop atau PC

  1. Pilih ” Browse ” dan pilih tempat kalian menyimpan firmware yang sebelumnya telah di unduh

 

  1. Kemudian, klik kolom ” Load XML ” dan pilih ” rawprogran_unsparse.xml ” kemudian pilih ” patch0.xml “

  1. Matikan smartphone yang ingin di Flashing, kemudian sambungkan dengan PC sembari menekan tombol Volume Up + Volume Down secara bersamaan

 

  1. Jika sudah terdeteksi, kalian bisa memilih kolom ” Download ” untuk memulai proses Flashing