Tutorial Flashing Asus Zenfone 4 Bootloop

Asus memang merupakan salah satu merk smartphone yang terkenal akan banyaknya masalah yang ada pada perangkatnya. Salah satu contohnya adalah pada ASUS Zenfone 4 yang sering kali mengalami masalah berupa force close, self restart, error, bahkan hingga bootlop. Namun, masih banyak saja peminat dari smartphone ini.

Meskipun memiliki banyak masalah, namun bukan berarti Asus Zenfone 4 tidak layak untuk di gunakan. Bahkan, sebenarnya smartphone ini memiliki spesifikasi yang masih bisa bersaing dengan smartphone –smartphone keluaran terbaru. Jika mengalami bootloop atau masalah lainnya, kalian hanya perlu melakukan flashing atau menginstall ulang firmware smartphone.

 

Dalam melakukan Flashing, kalian juga tidak perlu membawa smartphone ke kios reparasi elektronik. Cukup dengan melakukannya di rumah bahkan tanpa membutuhkan PC atau Laptop. Nah, berikut ini adalah langkah – langkah dalam melakukan flashing pada smartphone Asus Zenfone 4 yang terkena bootloop.

 

Persiapan :

Karena proses flashing akan menghapus semua data yang data di dalam Smartphone, sebaiknya kalian melakukan backup data terlebih dahulu. Selain itu, pastikan baterai smartphone dalam kondisi Full Charged atau setidaknya tersisa 50% daya baterai. Kemudian kalian bisa melanjutkannya dengan mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

 

  1. Download terlebih dahulu file firmware khusus Asus Zenfone 4 dari link yang tersedia di atas, kemudian pindahkan lokasi file External Storage atau SD card

 

  1. Matikan smartphone, kemudian diamkan selama beberapa saat

 

  1. Lanjutkan dengan masuk ke mode Recovery Asus

 

  1. Kalian bisa memasuki Recovery Mode ini dengan cara menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat, kemudian lepaskan jika logo ASUS sudah muncul

 

  1. Gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk navigasi atas dan bawah serta tombol Power untuk konfimasi atau OK

 

  1. Lanjutkan dengan memilih opsi Apply Update From External Storage

  1. Kemudian, pilih lokasi tempat file firmware yang sebelumnya telah di unduh, kemudian tekan Power untuk konfirmasi

 

  1. Tunggu hingga proses flashing selesai, kemudian reboot smartphone

  1. Jika kalian melakukannya dengan benar, maka smartphone sudah bisa di gunakan kembali