Tutorial Flashing Samsung Galaxy Note Edge

Samsung Galaxy Note Edge merupakan salah saty smartphone yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Smartphone ini cukup di minati karena harganya yang tidak terlalu mahal namun tetap bergengsi di mata orang sekitar. Sehingga Samsung Galaxy Note Edge sangat cocok di kalangan mahasiswa atau pelajar yang belum bisa mengahsilkan uang dalam jumlah banyak, namun tetap ingin terlihat gaya di mata teman – temannya.

Meskipun di rilis di tahun 2014, namun Samsung Galaxy Note Edge di bekali dengan spesifikasi yang masih bisa bersaing dengan smartphone keluaran terbaru. Smartphone ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan hingga 64 GB dan Ram 3 GB. Selain itu, Samsung Galaxy Note Edge di bekali dengan konektivitas 4G LTE, sehingga kalian tidak akan merasakan lemot saat sedang mengakses internet.

 

Namun, cukup banyak di temukannya kasus Samsung Galaxy Note Edge yang mengalami masalah bootlop. Umumnya, hal ini di rasakan oleh mereka yang telah menggunakan smartphone ini lebih dari 3 tahun. Dengan usia penggunaan yang semakin bertambah, tingkat ketahanan sistem operasi smartphone lama –  kelamaan juga akan menurun. Sehingga smartphone akan mengalami banyak masalah seperti self restart, performa yang lambat, error sistem, dan bootlop.

 

Untungnya, semua masalah ini bisa di atasi dengan melakukan Flashing pada smartphone. Oleh karena itu, untuk kalian yang mengalami masalah yang serupa pada Samsung Galaxy Note Edge yang kalian miliki, berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa kalian ikuti saat melakukan Flashing.

 

Tools :

  • PC atau Laptop yang menggunakan OS Windows
  • Kabel Data atau kabel USB original

 

File :

 

Langkah – langkah :

  1. Install terlebih dahuku software ODIN dan Samsung USB Driver pada PC atau Laptop yang kalian gunakan

 

  1. Download juga firmware Samung Galaxy Note Edge

 

  1. Matikan perangkat smartphone, kemudian diamkan beberapa saat hingga smartphone benar – benar mati

 

  1. Nyalakan kembali perangkat smartphone dengan cara menekan tombol Power + Volume Down + Home secara bersamaan selama beberapa saat hingga muncul logo Samsung.

 

  1. Jika muncul peringatan, tekan Volume Up dan kalian berhasil memasuki Download Mode

 

  1. Buka software ODIN pada PC, kemudian sambungkan perangkat smartphone dengan menggunakan kabel data

 

  1. Tunggu hingga muncul tulisan ” Added ” pada Log di dalam software ODIN

 

  1. Klik kolom AP, kemudian cari file firmware yang telah kalian unduh sebelumnya

  1. Tunggu hingga proses loading selesai, kemudian klik Start untuk memulai proses Flashing

 

  1. Jika proses Flashing telah selesai, akan muncul tulisan ” Pass ” dan smartphone akan melakukan Reboot secara otomatis