Tutorial Flashing Samsung Galaxy S7 & S7 Edge

Saat membeli smartphone, sering kali kita menemui adanya kesalahan – kesalahan baik berupa cacat pabrik maupun karena kecerobohan pegawai. Cacat pabrik bisa terjadi baik pada body atau hardware smartphone ataupun pada software nya. Umumnya, cacat pabrik pada bagian hardware akan di klaim dan di ganti dengan yang baru selama garansi masih berlaku. Namun, bagaimana dengan cacat pabrik yang terdapat pada software smartphone?

Cacat pabrik yang terdapat pada software umumnya berupa smartphone yang sering melakukan self restart, bootlop, blank, hingga tidak mau menyala sama sekali. Jika hal ini terjadi pada pemilik smartphoneSamsung Galaxy S7 SM-G930FD dan S7 Edge SM-G935FD, maka terdapat beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan melakukan Flashing.

 

Untuk melakukan flashing sendiri, dibutuhkan beberapa persiapan terlebih dahulu. Diantaranya :

 

 

Sebelum melakukan Flashing, pastikan perangkat yang kalian gunakan dalam keadaan full charging dan telah di hapus seluruh data internalnya. Pastikan juga firmware yang kalian download sudah cocok dengan smartphone yang kalian gunakan. Kemudian ikuti langkah – langkah seperti dibawah ini.

 

  1. Matikan ponsel
  2. Nyalakan kembali ponsel dengan cara menekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan
  3. Setelah muncul peringatan, tekan tombol Volume atas hingga kalian memasuki download mode

  1. Buka software Odin melalui PC atau Laptop dengan cara Run As Administrator
  2. Sambungkan perangkat smartphone kalian dengan PC melalui kabel USB atau kabel data
  3. Jika perangkat terdeteksi, maka akan muncul indikasi pada software Odin di kolom ID : COM berubah menjadi warna biru dan terdapat aktifitas baru dalam kolom Log
  4. Klik pada kolom AP dalam software Odin, kemudian masukan file yang telah di unduh sebelumnya ( File bereksistensi MD5 )
  5. Klik start pada software Odin, kemudian tunggu hingga proses Flashing selesai

  1. Jika kalian melakukannya dengan benar, perangkat akan melakukan reboot secara otomatis dan kalian bisa melanjutkan nya seperti biasa