Tutorial Flashing Xiaomi redmi 3 Bootlop

Xiaomi Redmi 3 merupakan salah satu smartphone yang paling banyak di temui di Indonesia. Meskipun sudah merupkana barang lama yang keluar di tahun 2016, namun minat masyarakat pada smartphone ini masih cukup tinggi. Hal ini dikarenakan Xiaomi Redmi 3 memiliki spesifikasi yang masih mumpuni bahkan jika di bandingkan smartphone – smartphone keluaran terbaru.

Xiaomi Redmi 3 di lengkapi dengan kapasitas Memory internal sebesar 32 Gb dan Ram 2 Gb. Sehingga masih dapat menjalankan game dan aplikasi – aplikasi meskipun telah melewati update terbaru. Selain itu, Xiaomi Redmi 3 juga di lengkapi dengan prosesor Snapdragon 616. Sehingga kalian tidak akan merasakan Lag pada saat membuka aplikasi di smartphone.

 

Namun, Xiaomi Redmi 3 memiliki satu masalah pada bagian softwarenya. Yaitu sering terjadinya bootlop atau smartphone yang tidak bisa di nyalakan dan hanya mengulang – ulang di layar Logo Xiaomi dan kembali ke layar blank. Umumnya, masalah ini di rasakan pada pengguna yang menggunakan smartphone nya selama 24 Jam tanpa membiarkan smartphonenya beristirahat.

 

Jika sudah terkena Bootlop,perlu di lakukan flashing atau flash ulang Xiaomi Redmi 3. Namun, proses flashing juga tidak bisa di lakukan dengan cara yang biasa. Khususnya jika Xiaomi Redmi 3 yang kalian gunakan tidak dapat memasuki Download Mode. Nah, berikut ini adalah langkah – langkah yang harus kalian ikuti untuk melakukan Flashing pada Xiaomi Redmi 3 yang mengalami bootlop.

 

Persiapan :

Langkah – langkah :

  1. Install terlebih dahulu software MI Flash Tool di PC atau Laptop yang kalian gunakan
  2. Karena smartphone dalam kondisi Bootlop, lepaskan Sim Card pada Tray dan hanya sisakan Micro SD saja.
  3. Reboot smartphone dengan cara normal, hingga smartphone bergetar
  4. Tekan tombol Volume UP + Volume Down di saat yang bersamaan dengan smartphone bergetar
  5. Jika layar sudah berubah menjadi blank, artinya kalian telah memasuki EDL atau Emergency Download Mode
  6. Sambungkan Smartphone dengan PC melalui Kabel data
  7. Buka Software Mi Flash Tool
  8. Refresh software MI Flash Tool, kemudian tunggu hingga software mendeteksi perangkat
  9. Pilih opsi Select untuk mencari lokasi Fastboot Rom yang sebelumnya telah di unduh
  10. Tunggu hingga proses loading selesai dan tekan Flash untuk memulai proses Flashing
  11. Jika kalian melakukannya dengan benar, Kalian sudah dapat menggunakan smartphone seperti biasa saat proses Flashing usai.